Mau Cari Informasi Tempat Kuliner Terdekat? Pakailah Aplikasi “Cari Aja”

Aplikasi Cari Aja. Dari namanya, teman-teman pasti bisa menebak bukan, Cari Aja ini aplikasi apa? Yup, betul banget. Aplikasi Cari Aja ini memang punya fungsi untuk mencari suatu lokasi/ tempat. Salah satunya adalah untuk mencari tempat kuliner.

Uniknya, aplikasi Cari Aja ini enggak hanya menunjukkan lokasi tempat kuliner yang ngehits di portal berita atau media sosial aja, tapi juga tempat kuliner yang kurang terkenal. Pertanyaannya, “Ngapain sih aplikasi Cari Aja ini menunjukkan tempat kuliner yang enggak terkenal juga?”

Latar belakang munculnya aplikasi Cari Aja

Jadi, gini lho, teman-teman, kadang tuh ada tempat kuliner yang kurang mendapat perhatian masyarakat, karena keterbatasan pengetahuan atau informasi akan tempat kuliner tersebut. Biasanya karena faktor lokasinya yang kurang strategis. Misalnya, terletak di gang-gang sempit atau tempat kulinernya masih sekelas kaki lima.

Padahal, jangan salah lho, banyak tempat kuliner semacam itu di sekitar kita, yang rasa makanannya sebenarnya enggak kalah enak dari restoran ternama. Hanya saja, mungkin karena tempat kulinernya kurang menarik atau “kurang kekinian” istilahnya, sehingga jarang mendapat perhatian maupun ulasan dari masyarakat.

Misalnya nih, deket rumah saya, ada lho warung bakso yang rasanya tuh enak banget. Sayangnya, warung bakso ini enggak pernah diulas di media-media. Ya, mungkin karena tempatnya biasa-biasa aja atau sedrhana, enggak instagramable seperti rumah makan kekinian. Namun, soal rasa sih, jangan ditanya lagi, bisa diadu lha. Nah, aplikasi Cari Aja ini ingin membantu masyarakat memberikan informasi pencarian terlengkap tentang tempat kuliner enak yang belum terlalu banyak dikenal, seperti warung bakso dekat rumah saya itu,

Berkenalan dengan aplikasi Cari Aja

Saya baru aja mengetahui tentang aplikasi Cari Aja ini saat menghadiri media and blogger gathering yang diselenggarakan oleh Cari Aja bersama komunitas Blogger Bogor (Blogor). Dalam acara blogger gathering yang berlangsung pada tanggal 31 Mei lalu di Royale Bakery and Cafe Jl. Siliwangi, Kota Bogor, tersebut, Cari Aja memperkenalkan aplikasinya kepada media dan Blogor.

Suasana media and blogger gathering di Bogor bersama Cari Aja.

Aplikasi yang telah diluncurkan di Google Playstore dan Apple App Store sejak Januari 2018 lalu ini, sengaja memperkenalkan diri untuk pertama kalinya kepada para blogger dan media di Bogor, sebab Kota Bogor dikenal dengan beragam tempat wisata dan kulinernya. Cari Aja berharap bisa membantu memperkenalkan kebudayaan serta kuliner Bogor yang khas dan beragam kepada masyarakat luas, baik kepada warga Bogor sendiri, maupun pendatang/ turis yang datang ke Bogor.

Namun, teman-teman, aplikasi Cari Aja ini sebetulnya enggak hanya khusus buat mencari tempat wisata dan kuliner aja sih, tapi juga mencari apa aja yang ingin teman-teman temukan/ cari. Sesuai tagline-nya yakni “Mau Apa Aja, Cari Aja”, aplikasi Cari Aja ini juga bisa digunakan untuk mencari informasi tentang lokasi mini market, pom bensin, ATM, bank, rumah sakit, bengkel, dll.

Uniknya, aplikasi Cari Aja ini bisa memberikan informasi lokasi tempat yang masih berada di area jangkauan kita. Jadi, kalau misalnya nih, kita berada di area Cibinong, Bogor, ya nanti kita bisa klik fitur near me. Sehingga, Cari Aja akan mencarikan lokasi yang terdekat dengan area kita di Cibinong.

Head Of Creative PT Cari Aja, Bapak Irwan Wijaya.

Aplikasi Cari Aja ini merupakan aplikasi pencarian tempat disekitar kita untuk membantu pencarian dengan tepat dan cepat. Dengan satu kali klik fitur terdekat atau near me, kita langsung bisa mendapat lokasi yang kita tuju,” kata Head Of Creative PT Cari Aja, Bapak Irwan Wijaya.

By the way, bukan hanya mereka yang mencari informasi saja lho yang bisa memanfaatkan aplikasi Cari Aja ini. Kita yang memiliki pengetahuan atau informasi tentang tempat-tempat yang biasa dicari orang, juga bisa sharing informasi. Caranya dengan menambahkan lokasi, pakai fitur “add place” di aplikasi Cari Aja. Dengan begitu, kita bisa membantu orang lain menemukan tempat-tempat yang ingin ditemukannya.

Enggak hanya kita aja yang bisa berbagi informasi, para pemilik usaha pun bisa. Jadi, para pemilik usaha, seperti owner restoran, pedagang kue, pemilik hotel, dll juga bisa memanfaatkan fitur “add place” yang ada di aplikasi Cari Aja untuk menambahkan tempat usahanya ke dalam database Cari Aja. Dengan begitu, pemilik usaha akan diuntungkan karena bisa beriklan secara gratis, praktis, dan efektif. Hal ini sesuai dengan tujuan Cari Aja yang juga ingin membantu mendorong potensi ekonomi pelaku usaha yang ada di daerah-daerah. Salah satunya di Kota Bogor.

Cara menggunakan aplikasi Cari Aja

Bagaimana teman-teman? Sudah mendapatkan gambaran mengenai aplikasi Cari Aja ini kan? Mau tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi Cari Aja? Oke, saya coba jelaskan yaaa…

Pertama, kita download dulu aplikasi Cari Aja ini dari Google Playstore atau Apple App Store di smartphone kita masing-masing. Setelah registrasi, nanti kita akan mendapatkan tampilan menu utama seperti ini:

Tampilan menu utama aplikasi Cari Aja.

Terlihat di layar bebrapa kategori favorit seperti: Food and Beverage, Mini Market, Gas Station, ATM, Bank, Shop, dan Health. Tempat-tempat tersebut masuk dalam kategori favorit karena yang paling banyak dicari oleh orang. Selain, beberapa kategori tersebut, ada juga pilihan “More” yang kalau kita klik akan menunjukkan kategori-kategori lainnya:

Aplikasi Cari Aja banyak menyediakan pilihan kategori.

Banyak bukan kategorinya?

Cara mencari tempatnya, misalnya kita mau mencari tempat kuliner buat buka puasa Ramadan. Kita bisa klik “Food and Beverage”, nanti Cari Aja akan memberikan beberapa sub kategori tempat kuliner yang ingin kita ketahui lokasinya. Ada Restaurant, Coffe Shop, Cafes, Bakery & Cake Shop, Food and Drink Stand, bahkan Street Food pun ada.

Food and Beverage memiliki beberapa opsi kategori.

Misalnya, kita pilih Restaurant, nanti Cari Aja memberi kita beberapa opsi sesuai kita butuhkan. Kita bisa memilih restoran dengan cara memfilter dari harga, sampai sedetail harga makanan yang cocok sama dompet kita, bisa juga memfilter berdasarkan fasilitas restoran (ada WiFI, halal atau enggak, dll)., juga dari menu-menunya (Cuisine). Selain itu, kita juga bisa melihat restoran mana saja yang buka pada saat itu, serta mengetahui informasi apakah jarak restoran itu dekat atau jauh dari lokasi kita. Kalau mau cepat, kita bisa langsung mencari informasi restoran yang ingin kita datangi dengan mengetikkan namanya di fitur searching (gambar luv).

Kita bisa memfilter kategori tempat yang kita cari.

Pada bagian bawah aplikasi Cari Aja, kita juga akan menemukan beberapa fitur seperti:

  • Add Place: untuk memasukkan tempat yang kita share dengan orang lain.
  • Near Me: untuk mengetahui tempat yang lokasinya terdekat dengan area kita berada (radius 5 km).
  • Favorite: untuk menandai tempat-tempat yang jadi favorit kita.
  • More: untuk menshare informasi tentang aplikasi Cari Aja kepada orang lain, menerima notifikasi, mengatur settingan, memberikan rate, dll.

Kelebihan aplikasi Cari Aja

Cukup mudah bukan cara menggunakan aplikasi Cari Aja? Nah, selain mudah dioperasikan, Cari Aja juga memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan aplikasi Cari Aja terletak pada hal-hal berikut:

  • Terdapat lebih dari 50 kategori tempat pencarian

Cukup jelas kan teman-teman? Tadi saya sudah menceritakan kalau Cari Aja bisa memberikan informasi lebih dari 50 kategori tempat, ada tempat kuliner, tempat wisata, sekolah, rumah sakit, bengkel, dll.

  • Bisa menambahkan tempat yang belum di Cari Aja

Tinggal memanfaatkan fitur “Add Place”. Kita bisa berbuat kebaikan, nolongin orang menemukan tempat yang mereka ingin cari. Apalagi, kalau kita punya usaha, kita masukkan aja lokasi tempat usaha kita di database Cari Aja ini.

Head of Marketing Cari Aja Ibu Fera saat menjelaskan cara mencari tempat/ lokasi.
  • Bisa menambahkan tempat di daftar favorit kita

Kalau kita punya tempat favorit, tambahkan saja di database Cari Aja. Misalnya, warung bakso yang saya ceritakan tadi. Kalau saya tambahkan, orang lain akhirnya juga jadi tahu bahwa ada lho warung bakso yang enak. Selain itu, kalau kita menambahkan tempat ke daftar favorit, kita juga bisa mengetahui dengan lebih cepat kalau misalnya tempat tersebut menyediakan promo atau diskon (melalui notifikasi).

  • Bisa mendeteksi lokasi kita

Misalnya kita melancong ke suatu daerah. Kita enggak tahu lagi dimana, maka dengan Cari Aja kita enggak akan tersesat. Kita bisa mengetahui dimana lokasi terminal, stasiun, bandara, dll terdekat,

  • Melakukan pencarian umum dengan saran

Kita bisa mencari suatu tempat langsung melalui pencarian.

  • Dapat melakukan pencarian di luar lokasi kita di seluruh Indonesia

Kalau misalnya bepergian ke luar kota, kita bisa nih menentukan tujuan kita pakai aplikasi Cari Aja. Asalkan masih di wilayah Indonesia ya.

  • Menyediakan detail informasi tempat yang kita cari

Terdapat informasi detail tentang tempat yang kita tuju/ cari.

  • Masih banyak lagi fitur menarik di peningkatan versi selanjutnya

Aplikasi Cari Aja ini masih akan terus dilengkapi fitur-fiturnya.

Bagaimana teman-teman, cukup jelas bukan mengenai aplikasi Cari Aja ini? Menurut saya aplikasi ini cocok buat teman-teman yang hobinya melancong (traveler) atau suka berwisata kuliner. Kalau mau bepergian ke kota lain, agar enggak tersesat, saran saya download aplikasi Cari Aja ini yaaa… For your information, Cari Aja udah dipakai oleh 10.000 lebih pengguna dengan mayoritas pengguna di daerah Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, lho.

Selamat mencari apa ajaaaa… Semoga informasi ini bermanfaat ya 🙂 .

April Hamsa

61 Replies

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *